IdToba.com

Log In

Home > Kuliner > Ombus-Ombus dan Lappet Kue Khas Tradisional Batak

Register Login Tulis Artikel

Ombus-Ombus dan Lappet Kue Khas Tradisional Batak

ombusombus-idtoba

IdToba.com – Tiap masing-masing daerah di dunia ini khususnya Indonesia, biasanya mempunyai makanan khas tradisional. Meskipun Medan memiliki makanan khas Bika Ambon, tetapi masih ada kue tradisional Batak yang hingga kini tetap disukai banyak orang yaitu Lappet dan Ombus-ombus.

Kue Ombus-Ombus mempunyai perbedaan dengan Lappet yaitu ada pada bentuk olahan dan cita rasa. Lapet biasanya dibentuk menyerupai limas serta dibungkus daun pisang, sementara Ombus-ombus, bentuknya bulat dan tidak dibungkus dengan apapun.

Proses pembuatannya ombus-ombus tidak begitu rumit, bahannya dimulai dari tepung beras, kelapa parut (jangan terlalu tua ya), dan dicampur. Menyusul parutan gula aren, serta air secukupnya.

Setelah adonannya merata, kemudian dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukuslah hingga matang. Sama seperti lappet, Ombus-ombus terdiri dari bahan sama dengan lappet, namun penampilan proses akhirnya berbeda. Ombus-ombus tidak dibungkus dengan daun pisang, hanya dibentuk sebesar bulatan kecil, sudah langsung dapat dikukus.

Kue tradisional batak ini lebih enak dinikmati jika dalam keadaan panas dan disajikan sebagai makanan pelengkap minum teh atau kopi, Mantap!!. Soal rasa tak perlu ditanya lagi-lah. Bagi yang pernah mencicipinya mungkin akan punya pendapat yang berbeda. Akan tetapi paduan tepung beras dan gula aren akan memberika cita rasa yang sangat unik.

Ombus-Ombus dan Lappet Kue Khas Tradisional Batak - IdToba
Ombus-Ombus dan Lappet Kue Khas Tradisional Batak – IdToba

Kue Lappet

Lappet dan ombus-ombus adalah kue tradisional Batak yang banyak digemari. Tak jelas sejak kapan makanan ini mulai “membudaya” di Indonesia. Namun pada acara seremonial adat Batak tertentu, biasanya lappet atau ombus-ombus tetap menjadi hidangan tak terlupakan yang dibarengi kopi atau teh.

Lappet dan ombus-ombus adalah dua jenis makanan yang berbeda. Uniknya keduanya terbuat dari bahan yang sama, tepung beras, kelapa, dan gula merah (aren). Namun untuk lappet performanya tak jauh beda dengan lepat pisang. Namun rasa dan bahannya jelas beda.

Sayangnya lappet dan ombus-ombus ini kurang populer sebagai dagangan. Jika ingin mendapat rasa yang asli anda boleh membelinya di Siborong-borong. Karena sejatinya ombus-ombus yang terkenal memang di Siborong-borong.

Namun di Medan juga kedua kue ini sudah banyak beredar.

Bagi Anda yang membaca artikel ini, apakah sudah pernah mencicipi Lappet dan Ombus-ombus?, berikan tanggapannya soal cita-rasanya dikomentar bawah ya..

Admin
Pernando Harianja
Pemilik dan Pengelola IdToba.com - Berusaha memperkenalkan dunia Batak ke mancanegara melalui dunia digital yang modern saat ini, agar budaya batak lebih diakui dan disertakan keindahan wisata tanah Batak.
https://idtoba.com