IdToba.com

Log In

Home > Kuliner > Itak Gurgur Adalah Kuliner Khas Dari Tanah Batak

Register Login Tulis Artikel

Itak Gurgur Adalah Kuliner Khas Dari Tanah Batak

Itak Gurgur - IdToba

IdToba.com – Itak Gurgur merupakan makanan khas tradisional dari Suku Batak. Setiap Bangsa Batak yang pergi merantau pasti akan merindukan makanan yang satu ini. Karena para orang tua Suku Batak menyuguhkan kue ini untuk anak mereka, dari usia anak-anak hingga menjelang dewasa.

Jadi kue ini akan sangat berpengaruh pada jiwa setiap orang Batak, karena kue ini mengingatkan mereka kembali pada masa anak-anak saat masih dikampung halaman dan bersama keluarga.

Itak Gurgur pada umumnya digunakan pada acara Adat Istiadat Batak tertentu, contohnya, saat ritual Hahomion Horja Bius. Ritual tersebut adalah upacara yang dilakukan nenek moyang Suku Bangsa Batak untuk pemujaan kepada roh leluhur dan kekuatan gaib. CMIIW.

Kuliner Itak Gurgur - IdToba
Kuliner Itak Gurgur – IdToba

Mereka mempercayai bahwa roh leluhur masih memiliki peran dalam kehidupan keturunannya dan senantiasa memantau kehidupan sosial kemasyarakatan. Itulah sebabnya diadakan persembahan dalam bentuk sejumlah bahan makanan, yang salah satunya adalah Itak Gurgur.

Didalam Bahasa Batak, Itak artinya Beras yg di giling secara tradisional, dan kata Gurgur sering diartikan mendidih atau membara. Mungkin sepintas sedikit berbeda dengan cara pembuatannya yang sama sekali tidak dimasak, walaupun saat ini sudah ada juga Itak Gurgur yang dikukus.

Tetapi konon yang dimaksud mendidih atau membara itu adalah semangat yang menikmati Itak Gurgur tersebut diharapkan menjadi mendidih dan membara. Bisa jadi juga karena ada beras serta gula yang keduanya memiliki kandungan gula di dalam kue itu. Walaupun kalau berlebihan gula tidak baik bagi kesehatan, tetapi gula banyak diketahui bisa memberi energi instan untuk orang yang mencicipinya dan membuat orang menjadi lebih bersemangat.

Makanan tradisional batak yang satu ini dibuat dengan bahan yang sama dengan Lampet, yaitu beras yang telah dihaluskan secara tradisional yang kemudian disebut itak. Rasa yang dihasilkan juga hampir sama dengan lapet, yaitu manis dan gurih.

Namun cara untuk membuat itak ini berbeda dengan cara membuat lampet. Itak dibuat dengan cara yang sangat sederhana, yaitu :

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah merendam beras dengan air selama 1-2 jam,
  2. tiriskan dan keringkan,
  3. lalu tumbuk dengan lesung & alu, dan
  4. kemudian diayak.
  5. Selanjutnya campur tepung beras dengan kelapa parut dan gula.
  6. Setelah dicampur sampai rata,
  7. kemudian adonan tersebut dicetak secara manual dengan tangan sendiri.
  8. Proses pun selesai,

Itak Gurgur siap dihidangkan, dan siap untuk dinikmati. (ST/INT)

Admin
Pernando Harianja
Pemilik dan Pengelola IdToba.com - Berusaha memperkenalkan dunia Batak ke mancanegara melalui dunia digital yang modern saat ini, agar budaya batak lebih diakui dan disertakan keindahan wisata tanah Batak.
https://idtoba.com